KTSP

Kurikulum KTSP

·         Definisi KTSP
KTSP merupakan penyempurnaan dari kurikulum 2004 (KBK) adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan/sekolah. Departemen pendidikan Nasional mengharapkan paling lambat tahun 2009/2010, semua sekolah telah melaksanakan KTSP. Penyusunan KTSP uang dipercaya pada setiap tingkat satuan pendidikan hampir sama dengan prinsip implementasi KBK (Kurikulum 2004) yang disebut pengelolaan kurikulum berbasis sekolah (KBS).
Jadi dapat simpulkan, KTSP merupakan upaya untuk menyempurnakan kurikulum agar lebih mudah digunakan guru, Karena guru lebih banyak dilibatkan memiliki tanggung jawab yang memadai. Penyempurnaan kurikulum yang berkelanjutan merupakan keharusan agar system pendidikan nasional selalu berguna dan bersaing, Hal ini juga sejalan dengan Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang sisdiknas pasal 35 dan 36.

·         Landasan penyusunan KTSP
KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) disusun dalam rangka memenuhi amanat yang tertuang dalam undang-undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 tentang system Pendidikan Nasional dan peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19 Tahun 2005 tentang standar Nasional Pendidikan.
Lulusan untuk satuan pendidikan Dasar dan menengah, peraturan menteri pendidikan Nasional No 24 tahun 2006 tentang pelaksanaan peraturan Menteri pendidikan Nasional No 22 Tahun 2006 dan No 23 Tahun 2006, dan berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistam pendidikan Nasional Pasal 1 ayat (19); pasal 18 ayat (1),(2),(3),(4); pasal 32ayat (1),(2),(3); pasal 35 ayat (2); Pasal 36 ayat (1),(2),(3),(4); pasal 37 ayat (1),(2),(3); pasal 38 ayat (1),(2).

·         Prinsip pengembangan KTSP
-          Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
-          Beragam dan terpadu
-          Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
-          Relevan dengan kebutuhan kehidupan
-          Menyeluruh dan berkesinambungan
-          Belajar sepanjang hayat.
-          Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.
Selain itu, KTSP disusun dengan memerhatikan acuan operasional sebagai berikut.
-          Peningkatan iman dan takwa serta akhlak mulia
-          Peningkatan potensi, kecerdasan, dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan peserta didik
-          Keragaman potensi dan karakteristik daerah dan lingkungan
-          Tuntutan pembangunan daerah dan nasional
-          Tuntutan dunia kerja


·         Komponen-komponen kurikulum
KTSP ada empat komponen, yaitu  (1) tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, (2) struktur dan muatan KTSP (3) kalender pendidikan, dan (4) silabus dan rencana pelaksanaan pengajaran (RPP)


·         Tujuan  KTSP
secara umum tujuan ini diterapkannya KTSP adalah untuk mendirikan dan memberdayakan satuan pendidikan melalui pemberian kewenangan kepada lembaga pendidikan dan mendorong sekolah untuk melakukan pengembalian keputusan secara partisipatif dalam pengembangan kurikulum. Secara khusus tujuannya KTSP adalah untuk:
-          Meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian dan inisiatif sekolah dalam mengembangkan kurikulum, mengelola dan memberdayakan sumber daya yang tersedia
-          Meningkatkan kepedulian warga sekolah dan masyarakat dalam pembangunan kurikulum melalui pengembalian keputusan bersama
-          Meningkatkan kompetensi yang sehat antar satuan pendidikan tentang kualitas pendidikan yang akan dicapai.














Komentar

Postingan populer dari blog ini

pembelajaran kurikulum 2013